PARTNER

Kamis, 05 Mei 2011

Tips Merawat dan Menghemat Baterai Laptop

Seiring dengan harganya yang semakin murah, kini laptop banyak dijadikan pilihan tidak hanya bagi kaum pekerja, namun mahasiswa bahkan pelajar. Bentuk yang kecil dan beban yang ringan tentunya menjadi kelebihan yang tidak bisa diberikan oleh Personal Computer (PC). Sejatinya laptop memang diperuntukan bagi mereka yang mobilitasnya tinggi, sehingga bisa tetap mengetik dimana saja, dengan catatan selama baterainya masih kuat digunakan.

Namun disinilah kadang pemakai laptop menyepelekan fungsi baterai dan kurang menyedari bahwa baterai memiliki masa pakai yang terbatas. Berikut merupakan beberapa tips untuk merawat sekaligus menghemat daya baterai saat digunakan.

Tips merawat baterai laptop

1.   Lepas BateraiJika anda berada di rumah dan menggunakan laptop dalam waktu yang lama, sebaiknya langsung menggunakan AC Power atau langsung menggunakan daya listrik. Sedangkan baterainya bisa dilepas. Hal ini bisa memperpanjang masa pakai baterai. Tapi cara ini hanya direkomendasikan untuk tegangan listrik yang stabil, sebaiknya gunakan stabilizer jika langsung memakai aliran listrik. Lepas baterai saat anda tidak menggunakan laptop dalam jangka waktu lama. Simpan di dalam plastik dan di tempat yang kering, jika memungkinkan simpan pula beberapa silica gel untuk mencegah kelembapan.

2.   Gunakan charger yang kompatibelSewaktu-waktu jika charger laptop anda rusak atau hilang, pastikan anda menggunakan charger yang cocok dengan jenis baterai laptop anda. Jika dirasa tidak yakin, sebaiknya tanyakan langsung ke bagian

after sales service produsen laptop tersebut. Menggunakan charger yang salah, bisa cepat merusak baterai.

3.   Tempatkan di permukaan yang kerasJika sedang menggunakan laptop sebaiknya hindari permukaan yang lunak atau lembut semisal sofa, karpet, atau kasur. Laptop bisa menjadi cepat panas karena sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik. Jika sampai kelebihan panas, bukan hanya baterai saja yang rusak, tapi komponen – komponen vital laptop juga akan terancam rusak.

4.   Jangan terkena tekananBaterai laptop memiliki sirkuit elektronik didalamnya, jangan sampai mendapatkan tekanan yang besar . Jika pernah terjatuh, kemudian menjadi tidak optimal daya pakainya atau menjadi sangat panas, sebaiknya baterai diganti.

5.   Hindari tempat lembapTempat yang lembap harus dihindari, karena meskipun nantinya akan mengering dan dapat berfungsi normal, sirkuit di dalam notebook ataupun baterai secara perlahan akan berkarat dan membuat rentan keselamatan penggunanya.

6.   Kalibrasi bateraiLakukan kalibrasi baterai laptop minimal sebulan sekali. Cara kalibrasi adalah pakai baterai laptop sampai kira-kira tersisa 10 – 15%, lalu charge sampe penuh. Hal ini akan menggerakkan seluruh sel-sel yang ada di dalam baterai, sehingga kondisinya selalu prima.

7.   Baca buku manualBerbagai macam jenis laptop memiliki spesifikasi baterai yang berbeda-beda, jadi sebaiknya perlakuannya pun berbeda. Sebaiknya baca buku manual penggunaan untuk mengetahui cara – cara yang direkomendasikan sesuai dengan jenis laptop yang digunakan.

Merawat baterai saja belum cukup, namun anda juga perlu mengetahui bagaimana caranya menghemat baterai. Jadi meskipun, anda tengah berada di tempat yang tidak ada sumber listrik sama sekali, maka anda bisa mengoptimalkan cadangan energi yang tersimpan di dalam baterai. Berikut beberapa tips menghemat baterai :

Cermati bahwa konsumsi daya listrik terbesar bersumber dari penggunaan CD/DVD drive, pengaturan layar serta kinerja hardisk.

1.   Lakukan defrag berkalaSebaiknya lakukan defragment secara berkala. Hal ini dimaksudkan supaya data-data yang tersimpan bisa kembali teratur sehingga kinerja hardisk pun menjadi ringan dan akan menghemat konsumsi baterai.

2.   Atur ulang cahaya monitorAturlah cahaya monitor sesuai dengan batas toleransi yang sesuai dengan mata anda. Jika diatur pada ukuran maksimal, konsumsi baterai akan semakin boros.

3.   Gunakan HardiskJika tidak mendesak, maka jangan gunakan CD/DVD Drive ketika anda sedang berada di tempat yang tak ada sumber daya listriknya. Konsumsi dayanya sangat besar, karena harus memutar piringan sekaligus biasanya menampilkan suara. Solusinya, bisa menggunakan flashdisk, misalnya untuk menyimpan film kesukaan anda, atau langsung pindahkan ke hardisk.

4.   Matikan program yang tidak perluItunes, Desktop Search, dan lainnya. Semua program ini menambah beban CPU dan baterai. Matikan semua program yang tidak penting jika anda sedang menggunakan laptop di luar rumah.

5.   Matikan hardware eksternalAlat-alat dengan USB, termasuk mouse dan WiFi, semuanya menyedot tenaga baterai anda. Cabut atau matikan jika tidak digunakan.

6.   Atur 'power options' supaya optimalPilih 'Power Options' di control panel anda dan aturlah supaya penggunaan energi laptop tetap optimal. Semisal set brightness di bawah 50%, pakai screen saver yang blank karena paling hemat daya baterai. Kemudian set power dalam kondisi maksimal.

7.   Hindari multitaskingLakukan sesuatu secara satu persatu jika anda sedang menggunakan laptop dengan baterai. Jangan bekerja dengan multitasking jika anda memang ingin menghemat baterai anda.

8.   Kurangi beban grafisAnda bisa melakukan hal ini dengan mengganti resolusi layar anda dan mematikan driver grafis yang tidak dibutuhkan. Graphic card atau video card sama borosnya seperti hard disk dalam menghabiskan energi baterai.

9.   Pakai hibernatePakailah fitur hibernate daripada mode stand by. Selain itu, sebainya jika akan digunakan dalam waktu yang tidak terlalu lama, maka sebaiknya gunakan fitur sleep daripada dimatikan secara total, karena pada saat start up akan membutuhkan daya baterai yang cukup besar.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar: