PARTNER

Sabtu, 07 Mei 2011

Tips Aman Belanja Online #2

Tips Aman Belanja Online #2

Jangan Sepelekan Halaman License and Agreement

Penipuan bisa dilakukan dalam berbagai cara, termasuk penipuan jual beli via internet. Berikut merupakan langkah yang bisa dijadikan pertimbangan untuk meningkatkan kewaspadaan sehingga tidak.

Lindungi Diri dari Pencurian Identitas

Jangan langsung percaya jika penjual online meminta data – data pribadi semisal nomor KTP, SIM maupun nomor rekening. Hal ini terutama bagi penjual yang belum anda kenal. Informasi – informasi pribadi bisa disalahgunakan penjual yang memanfaatkan kelengahan pembeli.

Pencurian indentitas bahkan kerap terjadi di beberapa situs jejaring sosial lewat aksi – aksi yang disebut phising, maupun lewat aksi deface. Mereka biasanya mencoba mencuri username hingga password. Mereka pun mencari alamat-alamat email untuk menyebarkan iklan-iklan (spam). Langkah paling bijak yakni pilihlah penjual yang benar-benar sudah diakui keberadaannya atau setidaknya pernah transaksi dengan rekan dekat anda.

Perhatikan License and Agreement

Situs – situs besar biasanya menyediakan halaman khusus yang memuat informasi kebijakan dan aturan main transaksi. Jangan sepelekan informasi tersebut, meskipun dirasakan cukup membosankan membaca deretan tulisan yang begitu banyak, namun demi keamanan sebaiknya anda harus mencoba mempelajarinya. Hal ini penting dilakukan, karena bisa saja ada kesepakatan yang ternyata bisa merugikan pemebeli. Semisal hak atas informasi pribadi yang bisa mereka berikan ke pihak lain atau aturan main mengenai pembelian, garansi dan pengiriman barang yang bisa saja tidak sesuai dengan prinsip yang seimbang.

Cek dan Ricek Spesifikasi Barang

Tidak sedikit diantara seller online yang menawarkan harga lebih rendah dari harga pasaran. Sebaiknya jangan terburu-buru melakukan transaksi, terlebih jual beli via online hanya memperlihatkan barang dalam bentuk dua dimensi, misalkan foto.

Jadi sebaiknya lakukan pengecekan di berbagai situs. Lebih mudah lagi jika menggunakan fasilitas mesin pencari google. Ketika nama produk yang dimaksud, dan cek satu persatu informasi yang memuat informasi produk.

Diantara ketiga cara tersebut, cara paling aman yakni jika memungkinkan sebaiknya serah terima dan transaksi barang dilakukan secara tatap muka, sehingga anda bisa mengecek kelayakan barang sesuai dengan yang ditawarkan atau tidak
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar: