PARTNER

Sabtu, 07 Mei 2011

Tips Aman Belanja Online #3

Tips Belanja Online 3#

Transaksi via online memang rawan kejahatan, namun demikian hal itu bisa diminimalisir jika kita bisa meningkatkan kewaspadaan dan lebih jeli dengan siapa anda bertransaksi. Cara paling aman adalah bertransaksi dengan seller online yang sudah dikenal. Sebagai bahan pertimbangan, berikut disajikan beberapa tips yang bisa dimanfaatkan untuk menghindarkan dari kejahatan di dunia maya.

Kombinasi PIN Alpha Numeric

Namun tingkatkan kewaspadaan anda saat membuat PIN. Sebaiknya gunakan PIN unik yang dibuat dengan kombinasi angka dan huruf atau dalam bahasa komputer kerap dikenal dengan istilah alpha-numerical. Semakin rumit kombinasi PIN, maka semakin bagus tingkat keamanannya. Jika dirasa perlu, maka hindari pemakaian PIN yang sama di setiap transaksi online.

Bekali dengan Antivirus

Transaksi online bisa menjadi daya tarik seseorang untuk melakukan tindak kejahatan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara semisal lewat aksi pengiriman spyware, phissing, maupun dengan serangan hacker secara langsung, mereka bisa saja mencuri data-data dari kartu kredit maupun informasi pribadi anda.

Maka dari itu, sebaiknya lindungi komputer anda dengan menggunakan antivirus yang memiliki fasilitas menangkal serangan tersebut. Aktifkan firewall untuk mencegah serangan dari hacker. Meskipun mungkin saja masih bisa ditembus, namun setidaknya hal ini akan membuat mereka bersusah payah terlebih dahulu sebelum benar-benar bisa menembus komputer anda.

Perhatikan URL

Ketika akan bertransaksi menggunakan kartu kredit, perhatikan website dimana transaksi itu dilakukan. Website yang aman biasanya menampilkan lambang gembok. Sementara di bagian URL-nya akan terlihat berubah dari yang semula http menjadi https yang artinya secure.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar: