PARTNER

Kamis, 12 Mei 2011

Maksimalkan Karakter Twitter

Tips Memaksimalkan Keterbatasan Karakter Twitter

Siapa yang tak kenal twitter, sepertinya pengguna internet sudah kenal dengan situs mikroblog satu ini. Twitter awalnya disebut memiliki kelemahan karena hanya menyediakan 140 karakter saja untuk setiap tweets yang dikirimkan. Siapa sangka justru hal itu menjadi satu nilai plus yang diminati banyak penggunanya. Meski demikian, bagi yang tak puas hanya dengan 140 karakter, kini sudah banyak bermunculan aplikasi dan situs yang secara otomatis bisa menambah jumlah karakter melebihi dari yang diijinkan. Semisal aplikasi ubersocial yang bisa digunakan oleh beberapa jenis gadget atau situs semisal twitlonger. Sedangkan aplikasi twitter standar masih memberlakukan aturan pembatasan jumlah karakter tersebut. Oleh karena itu, pandai-pandailah memanfaatkan keterbatasan tersebut untuk membuat tweets yang komunikatif dan efektif. Berikut beberapa tipsnya.

1.   Ketahui Singkatan Percakapan di Dunia MayaGunakan singkatan yang kerap digunakan di dunia maya untuk menghemat karakter tweets. Misalnya LOL, OTW, ASAP, dan CMIIW. Sebaiknya dicatat, jika menemukan perbendaharaan singkatan yang baru. Tanyakan kepada pengirim tweet atau cari di internet. Semisal singkata CMIIW digunakan untuk mengatakan Correct Me If I'm Wrong atau OTW untuk mengatakan On The Way.

2.   Jelas dan RingkasBagi tweets yang sifatnya informative, sebaiknya gunakan kalimat yang langsung menuju kepada hal yang dimaksud. Tidak perlu menambahkan kata-kata lainnya sehingga terkesan lebay.

3.   Gunakan SmileySebaiknya gunakan icon smiley untuk mengekspresikan kondisi emosi. Semisal menggunakan kombinasi :D untuk memperlihatkan bahwa kita tengah bahagia atau tersenyum.

4.   Gunakan tool URL ShortenerJika Anda ingin membagi atau share sebuah URL web atau URL photo, video di Twitter, gunakan tool untuk mempersingkat URL tersebut. Semisal goo.gl atau bit.ly.

5.   Gunakan #hashtagJika ingin nge-tweets yang ingin user Twitter lain mengikuti atau Anda ingin melihat lebih lengkap tweets yang lain yang serupa, gunakan #hashtag di awal tweets yang Anda maksud.

6.   Membagi TweetsJika tidak menggunakan url shortener atau aplikasi lainnya yang memungkinkan menulis pesan yang panjang, maka sebaiknya bagilah tweets tersebut menjadi beberapa bagian. Jangan lupa menambahkan simbol bahwa tweets tersebut memiliki sambungan atau lanjutan dari tweets sebelumnya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar: