PARTNER

Kamis, 12 Mei 2011

NetIket

NETIKET, Etika dalam Dunia Internet

Internet merupakan terobosan teknologi komunikasi yang bisa membuat seluruh orang di dunia terkonekasi satu sama lain. Menciptakan yang disebut Marshal McLuhan sebagai

Global Village. Sifatnya yang mampu melintasi ruang dan waktu membuat internet bisa menghubungkan seseorang dengan yang lainnya meski keduanya tidak saling kenal. Namun demikian justru disitulah letak kekurangannya. Bisa saja dengan mudah kita menyinggung perasaan lawan bicara karena tidak mengetahui karakter orang tersebut. Selain itu, kita tidak tahu bagaimana kondisi emosi lawan bicara, sehingga mungkin saja dirinya bisa sangat sensitif. Berikut merupakan etika yang bisa menjadi panduan ketika kita berinteraksi di dunia maya terutama ketika terlibat pembahasan dalam sebuah forum.

1.      Jangan gunakan huruf kapital
Penggunaan huruf kapital bisa diartikan lain oleh lawan bicara atau oleh anggota lainnya di dalam sebuah forum. Biasanya mereka menganalogikannya dengan suasana hati si penulis yang tengah marah, meski sebenarnya mungkin tengah menekankan sesuatu yang penting. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan huruf kapital pada beberapa kata saja, jangan digunakan pada keseluruhan kalimat.

2.      Hati – hati berita hoax
Saat menerima kiriman berita, pelajari terlebih dahulu kebenaran informasi tersebut. Banyak berita hoax atau bohong yang beredar di internet, dengan demikian anda bisa mengelak, tidak termasuk kepada yang menyebarkan berita hoax tersebut.

3.      Berikan informasi lengkap
Saat anda berbagung dalam sebuah diskusi di forum, sebaiknya ikuti peraturan forum tersebut. Jika terpaksa bahasan anda diluar topik yang tengah dibicarakan, maka sebaiknya berikan keterangan bahwa penjabaran itu out of topic (OOT) disertai permintaan maaf. Karena tidak jarang hal ini bisa menimbulkan sumber keributan di forum.

4.      Jangan menyerang secara pribadi
Ketika terlibat dalam perdebatan yang sengit, jangan sekali-kali menyerang kelemahan pribadi lawan bicara, sebisa mungkin lawan dengan argumentasi ke pokok pembahasan. Lawan dengan data dan fakta dan hindari debat kusir yang tidak ada ujung pangkalnya.

5.      Kritikan sebaiknya dikirimkan lewat pesan pribadi
Saat anda mengkritik seorang anggota forum, maka sebaiknya lakukan lewat pesan pribadi. Jangan mengkritik pribadinya dalam sebuah forum terbuka, karena hal ini justru akan membuat lawan bicara menjadi merasa direndahkan di depan orang banyak. Alih – alih menyadari kekurangannya, bisa saja si lawan bicara akan reaktif melawan anda.

6.      Cara bertanya yang baik
a. Gunakan bahasa yang sopan.
b. Jangan asumsikan bahwa Anda berhak mendapatkan jawaban.
c. Beri judul yang sesuai dan deskriptif.
d. Tulis pertanyaan anda dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti.
e. Buat kesimpulan setelah permasalahan anda terjawab
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tidak ada komentar: