PARTNER

Sabtu, 04 Desember 2010

Liputan di Mapoltabes Yogyakarta

Hari ini Sabtu (04/12) Saya berkesempatan mengunjungi Mapoltabes Yogyakarta dalam rangka tugas peliputan. Rencananya saya akan mewawancarai Kapoltabes tentang rencana pengamanan menjelang Natal dan Tahun Baru, namun karena beliau tidak ada di tempat, maka saya akhirnya diterima oleh Wakapoltabes AKBP Darmanto.
Saya sempat menunggu hingga 30 menit lamanya hingga akhirnya dipersilahkan masuk.
“Pak Waka (demikian asisten menyebutnya), sedang shalat dhuha. Beliau biasanya lama kalau shalat, bisa sampai setengah jam” ungkap salah satu asistennya.
“Biar mbak, saya tunggu saja, tidak apa – apa”, jawabku.
Selama menunggu, pikiran saya menerawang kemana – mana. Sempat terpikir malu rasanya kalah rajin dengan Pak Waka, ditengah kesibukannya masih sempat menunaikan shalat dhuha, sedangkan saya jarang sekali mendirikan shalat dhuha.
“Shalat dhuha terus ya pak?” tanyaku.
“Alhamdulillah, kalau enggak kan jadinya rugi,” jawabnya.
Awalnya saya mengira bahwa orang yang satu ini pasti serem, jangan sampai salah bicara pokoknya. Tapi anggapan saya ini ternyata salah, beliau menerima saya begitu ramah. Mempersilahkan duduk, bahkan bersedia mengantarkan saya menemui beberapa narasumber yang saya butuhkan untuk berita.
“Bapak tidak keberatan?” tanyaku.
“Tidak apa – apa biar saya antar saja,” jawabnya.
Ah saya merasa sangat dihormati dan dianggap ada. Sangat berbeda sekali dengan pengalaman saya sebelumnya ketika mendatangi Polres S****N. Di tempat ini, saya hanya dilempar ke sana kemari tanpa ada jawaban yang memuaskan.
Empat jam lamanya saya habiskan waktu untuk mewawancarai beberapa anggota polwan Poltabes Yogyakarta. Perempuan – perempuan tangguh ini bersedia saya wawancarai untuk menceritakan pengalamannya selama bertugas.
Disini saya bertemu dengan Brigadir Dewi Anggraeni (30) Anggota Dikyasa Satlantas Poltabes Yogyakarta yang rela menitipkan anaknya ke tetangga karena tuntutan tugas. Atau AKP. Sri Wahyuni Kanit Dikyasa Satlantas Poltabes Yogyakarta yang memantau anaknya lewat sms karena tuntutan tugas juga.
Over all saya merasa senang liputan hari ini, bertemu dengan aparat – aparat yang ramah. Sedikit merubah pendangan saya tentang mereka.

Tidak ada komentar: