PARTNER

Rabu, 12 Desember 2007

altercasting

altercasting
merupakan sebuah taktik untuk membujuk orang - orang dengan cara memaksakan mereka kepada peranan sosial tertentu. dengan begitu, maka mereka akan berperilku dan tunduk kepada peranan sosial yang melekat padanya.
sejarah dan orientasi
meskipun istilah ini sering disebut - sebut, akan tetapi istilah ini tidak begitu terkenal dan juga jarang diteliti dalam teori persuasi.
asumsi utama
ketika seseorang menerima peranan sosial tertentu, maka mereka akan mendapatkan beberapa tekanan sosial yang akan membawa dirinya pada posisi tunduk dan memaksa mereka konsisten pada peranan tersebut. lingkungan sosial mengharapkan setiap orang untuk dapat berperilaku sesuai dengan peranan mereka masing - masing dengan cara melaksanakan peranan tersebut secara konsisten, peranan itu pun akan membimbing mereka untuk bisa berperilaku sesuai dengan peranan tersebut.
altercasting berarti bahwa kita memaksa seseorang untuk melaksanakan peran - peran sosial tertentu yang bisa membuat mereka berperilaku sesuai dengan apa yang kita inginkan.
terdapat dua bentuk yang paling mendasar dari altercasting ini ;
1. manded altercasting
artinya bahwa kita mencoba memberitahukan kepada mereka siapakah sebenarnya mereka ini (atau memberitahukan bagaimana mereka seharusnya), dengan cara ;
a. membuat aturan -aturan yang memang sudah ada (menguatkan aturan - aturan tersebut), contohnya, sebagai seorang muslim, maka sudah seharusnya kamu berperilaku,,,,.
b. menempatkan orang lain pada peran - peran sosial tertentu. contohnya, kamu sebagai seorang anak muda sudah seharusnya,,,
c. dengan cara menunjukan identitas baru atau peran - peran baru kepada seseorang, atau dengan cara memberikan perintah kepada seseorang untuk melakukan peran - peran tertentu.
2. tact altercasting
artinya bahwa kita menempatkan diri kita sendiri sebagai pengirim peranan - peranan tertentu yang berfungsi sebagai pembanding dengan peran - peran lainnya. beberapa peran yang sudah sangat umum diantaranya adalah, bodoh - normal, penolong - orang yang bergantung kepada orang lain, kambing hitam - pendosa.
altercasting merupakan sebuah taktik yang cukup ampuh sebab,
a. peran sosial merupakan unit mendasar dari kondisi kehidupan sehari -hari.
b. relatif mudah untuk menempatkan seseorang pada peranan sosial tertentu yang bisa digunakan untuk mengubah perilaku seseorang.
c. relatif mudah untuk menciptakan peranan - peranan sosial yang bisa memikat orang untuk melakukan perilaku - perlikau yang diharapkan.
d. biasanya orang - orang akan dengan mudah menerima peranan sosial yang ditawarkan kepada dirinya.

Tidak ada komentar: