PARTNER

Sabtu, 07 Februari 2009

surat dari kakek ma nenek

cucuku, semoga sehat selalu.
belajar yang rajin ya biar jadi orang bijak, yang mengerti mana yang baik dan mana yang jelek. jangan cuma pengen jadi pintar, soalnya banyak yang pintar tapi gak bisa bedain mana yang baik dan mana yang jelek.
ada beberapa pesan yang ingin nenek sampaikan :
1. nenek ma kakek pesan jangan ikut2-an demonstrasi ya. kebanyakan sekarang anarkhis, itu bukan cara yang intelek cucuku! kakek bilang itu cuma cari eksistensi aja, mendingan cari jalan lain yang lebih simpatik. lha wong mereka itu bilangnya membela rakyat, tapi ko rakyat sendiri sekarang banyak yang gak simpati. malah katanya ada ketua DPRD yang sampe tewas gara - gara demo anarkhis. udah gak usah ikut - ikutan kayak gitu!
2. kalo makan dimana? hati - hati sekarang banyak makanan berbahaya. formalin, borax, daging gelonggongan, ayam tiren, ayam goreng dari tong sampah, tahu yang pake pengawet, pokoknya masih banyak lagi, mendingan masak sendiri saja lebih aman. diliat juga itu minyak gorengnya asli apa enggak soalnya banyak itu minyak yang didaur ulang. kalo beli gas dilihat juga takarannya bener apa enggak. beli air juga hati - hati banyak yang palsu. di negara ini, apa sih yang enggak dipalsukan? semuanya dipalsukan, semuanya diakalin, atas nama desakan ekonomi. kakek ma nenek ndak habis pikir. kalo ada petani, mendingan beli langsung ke petaninya, beli sayur - sayuran, dimasak sendiri aja. lebih sehat.
3. kalo sakit, hati - hati juga ya, langsung aja ke dokter yang terpercaya, banyak obat palsu, astaghfirullah! lha wong orang sakit, dikasih obat palsu. hati - hati juga banyak sabun, pasta gigi, sabun muka, shampo yang palsu juga, beli di tempat yang bener.
4. kalo naik kendaraan hati - hati, banyak yang ugal - ugalan, banyak pasar dadakan di pinggir jalan, banyak pejalan kaki juga, soalnya udah gak ada lagi trotoar, udah dipake jualan. lengkapi surat - surat kendaraan juga, jangan sampe ditilang polisi, kalo sampe ditilang, langsung minta aja sidang, jangan kasih uang di jalan, gak mendidik, soalnya banyak pungutan liar juga!
5. sehabis lulus mau kerja dimana cu? jangan ikut - ikutan jadi caleg ya, soalnya bohong itu dosa!cuma keliatan waktu masa kampanye aja, ngasih janji, tapi tar lupa ma janjinya. lagian cuma bikin semrwaut kota aja. itu coba liat, tiap sudut ada foto- foto, bendera, dll yang gak jelas pengaturannya. kakek sempat mikir, mereka cuma baru bisa sampe tahapan menjual citra aja, no action talk only!
6. sebenernya kakek ma nenek masih punya banyak nasihat tapi nanti aja disambung lagi. terakhir, jangan sering liat sinetron, sama sekali ndak ada pendidikan moralnya. cuma jual mimpi, pelecehan - pelecehan, komodifikasi agama, ngajarin hedon, cinta dan cinta yang sama sekali gak tepat penerapannya, paling - paling konser air mata, udah pokoknya matiin aja tu tivi kalo ada sinetron.
baik - baik disitu ya ...

Tidak ada komentar: