PARTNER

Kamis, 01 Januari 2009

sambil ngantuk..

"eh besok ada acara kemana bro?" tanya dia.
"ndak tau nih,rencana sih ada tapi lagi gk ada duit" si aku menjawab.
baru aja berselang menit ada lagi yang nanya gitu. pusing deh, kenapa sih taon baru itu dirayain tanggal 31? tu kan tanggal tua, mbo yo di geser aja jadi tanggal muda gitu, (aneh-zzzzzz-)biar para pemuda dan pemudi harapan bangsa yang dengan setia menunggu kiriman dari ortunya bisa sedikit lega.
waktu yang dinanti itu pun datang juga, diiringi hitungan mundur kembang api pun menghiasi langit jogja. suara terompet, raungan sepeda motor, tereakan orang - orang dan bunyi kembang api bercampur menjadi suara bising yang tidak indah. orang - orang dengan antusias melihat pertunjukan sesaat itu dengan takjub.
suasana yang tidak kalah serunya terjadi di sepanjang jalan malioboro, ratusan atau bahkan ribuan kendaraan memadati jalan persis mirip semut yang lagi ngerumunin gula. "hey maju dong!" beberapa kali teriakan itu terdengar, -gak sabar-. klakson bersahut - sahutan mirip anak ayam yang ditinggal mati induknya, halah gk jelas. benar - benar penuh sesak malam itu. semua kendaraan hanya bisa melaju dengan kecepatan 30 cm/jam, (berlebihan nih), hingga akhirnya mereka terhenti karena udah mentok macet, cet,,cet,,. mau gak mau deh mereka hanya bisa menyaksikan pertunjukan kembang api dari jarak yang jauuuuuuuuuuh banget.
hanya lima belas menit pertnjukan itu selse, saya putuskan untuk pulang, jalan kaki lumayan jauh soale kendaaraan diparkir lumayan jauh. udah sesak, panas, ditambah bau - bau yang gk jelas, ngantuk,,(lengkap sudah penderitaan, hiks). setelah hampir satu jam akhirnya sampe juga ke tempat yang dimaksud. istirahat sebentar di trotoar sambil ngeliatin tingkah laku orang - orang. habis itu, langsung ngacir pulang.
nyampe di rumah, seperti biasa susah tidur, padahal tadi dah ngantuk. ngapaen ya biar bisa cepet tidur? (menerawang gk jelas,,+=@#$%^&8). "hah,,apa ini?"sepleton semut mengerubuti tangan, modar! secuil cicak yang tak berdosa ternyata lagi digotong rame - rame, ada - ada aja, masa mau digotong ke tempat tidur? buyar sudah lamunan yang gk jelas itu,,&^%$#@###??>"
ok pindah channel..banyak pengalaman yang didapet dari acara perayaan malem taon baru. dari mulai gimana orang jadi mudah esmosi saat kondisi macet, senggol dikit aja bisa berabe, apalagi senggol banyak, berabenya juga bisa jadi banyak. trus gimana orang - orang jadi hobi banget mijit klakson, udah tau macet ngapaen pake mijit - mijit klakson. tapi yang paling menarik saat ngeliat gimana orang - orang bisa berubah seketika dalam suasana seperti itu. gimana mereka histeria saat pergantian taon tinggal hitungan detik. ada yang ngidupin motornya trs di gas kenceng banget mirip waktu ada iring - iringan kampanye parpol, sampe kecium bau gosong dari motor yang kayaknya jarang di servis, gas teruuuuus. mungkin dah ngerasa mampu beli bensin soale udah diturunin harganya. ada juga yang naik ke atas mobil trus joget - joget mirip banget artis dangdut. cewek - cewek juga gk mau kalah, tereak - tereak, jingkrak - jingkrak, malah ada pertunjukan gratis -sensor-. semuanya larut dalam euphoria.
-tanda tanya gede banget- ko bisa ya mereka berubah jadi seseorang yang mungkin mereka sendiri gk kenal, identitas dirinya ilang dan berubah menjadi identitas kelompok yang tengah dalam suasana serba crowd. kalo biasanya nasi jadi bubur, ini sih bisa aja bubur jadi nasi. ni mirip banget penari topeng, mereka berubah seketika saat topeng mulai di pake.
tanya kenapa?
lah mbuh, ngantuk ni..

Tidak ada komentar: